KAPAN DAN BAGAIMANA PUASA RAMADHAN DIWAJIBKAN

 

Puasa Ramadhan wajib dikerjakan setelah terlihatnya hilal, atau setelah bulan Sya'ban genap 30 hari. Puasa Ramadhan wajib dilakukan apabila hilal awal bulan Ramadhan disaksikan oleh seorang yang dipercaya. (HR. Muslim, Abu Dawud). Sedangkan awal bulan Syawwal ditentukan dengan kesaksian dua orang yang dipercaya. (HR. Muslim).

صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَ أَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ

“Puasalah karena kalian melihat hilal, dan berbukalah karena melihat hilal, jika kalian terhalang awan, sempurnakanlah bulan Sya’ban tiga puluh hari.”
 (HR. Bukhary dan Muslim)

Lamanya puasa Ramadhan adalah sebulan atau kalau dengan perhitungan hari bisa 29 dan 30 hari sesuai dengan perhitungan falak atau nampaknya bulan / hilal.

Waktu puasa Ramadhan ialah dari mulai terbit fajar shadiq hingga terbenam matahari, sebagaimana firman Allah U  :

فَلآنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللهُ لَكُمْ وكُلُوْا وَاشْرَبُوْاحَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلىَ اللَّيْلِ  

“…maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa-apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam ” (QS. Al Baqoroh : 187)
KAPAN DAN BAGAIMANA PUASA RAMADHAN DIWAJIBKAN 4.5 5 Unknown Puasa Ramadhan wajib dikerjakan setelah terlihatnya hilal , atau setelah bulan Sya'ban genap 30 hari. Puasa Ramadhan wajib dilakukan ap...


No comments:

Post a Comment

Kami memberikan kebebasan untuk mengutip sebagian artikel di situs ini (tidak seluruhnya) untuk dimuat di situs anda dengan menyebutkan Link dan sumber halaman. apabilah ditemukan Copy paste tanpa menyebutkan sumbernya maka dengan sangat terpaksa kami akan melakukan komplain DMCA Google. Harap dimaklumi.

Copy paste untuk disimpan di komputer (tidak untuk dipublikasikan di situs lain) diperbolehkan tanpa izin terlebih dahulu.Jika ada artikel atau gambar yang menyinggung, atau di bawah Hak Cipta Anda maka sihlakan tinggalkan komentar d postingan ini (Disclaimer) atau sms langsung ke 085298362132 untuk ditindaklanjuti.